Selasa, 08 Januari 2013


Langkah-Langkah Membuat Laporan Tahunan:

1. Buka Mc.Excel

2. Buat sheet sebanyak 20 ,dimana sheet-sheet itu terdiri dari data, bulan (januari sampai desember), triwulan dan tahunan.
  • sheet 1 : data
  • sheet 2 s/d 4 : bulan
  • sheet 5 : triwulan satu
  • sheet 6 s/d 8 : bulan
  • sheet 9 : triwulan dua
  • sheet 10 : semester satu
  • dan seterusnya seperti itu sampai bulan desember
  • Tukar nama setiap sheet, misalnya dengan nama bulan atau angka.
3. Pada sheet pertama buatlah data sesuai dengan kebutuhan dan berikan kode tertentu pada name box di setiap data
4. Untuk membuat sheet kedua, gunakan formula untuk memanggil data yang ada di sheet satu 

5. Buatlah judul laporan dengan formula pemanggil dari data yang ada di sheet satu

6. Buatlah dalam bentuk tabel data-data yang akan dibuat di sheet dua.

7. Tambahkan penjelasan/comment dalam setiap judul dalam tabel untuk mengingatkan anda 
langkahnya :
  • Letakkan kursor pada judul yang ingin diberi comment 
  • Klik kanan > insert comment > ketik penjelasan yang ingin anda buat
7. Buatlah penjelasan/catatan dari tabel yang ada anda buat
contohnya :
"Catatan: pada bulan JANUARI ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah 4 posyandu dan N/D sebanyak 2 posyandu."


menggunakan rumus : ="Catatan:pada bulan "&JAN&" ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah "&COUNTIF(K7:K16,"Bina")&" posyandu dan N/D sebanyak "&COUNTIF(L7:L16,"Bina")&" posyandu"







8. Jumlah data yang ada di tabel dengan rumus : =SUM(cell yang akan di sum)
rata-ratakan data yang ada di tabel dengan rumus : =AVERAGE(cell yang akan di rata-ratakan)
dan hitung berapa banyak data yang diperlukan : =COUNTIF(cell yang bersangkutan)

9.Jangan lupa memberikan tanggal pembuatan serta orang yang menyetujui laporan.

10. Buatlah Diagram sesuai dengan tabel yang dibuat
langkahnya : 
  • Blok data yang ingin dibuat dalam bentuk diagram
  • pilih insert > chart >diagram yang diinginkan > klik kanan dalam tabel > klik add data labels > ok
  • Editlah diagram sesuai dengan keinginan
11. Untuk membuat sheet selanjutkan, copy saja dari sheet satu tersebut.
langkahnya :
  • Copy dan paste kan ke sheet berikutnya
  • Sesuaikan judul laporan dengan bulan . Misalnya pada sheet satu adalah bulan Januari maka di sheet dua ubahlah menjadi Februari
·       Sesuikan data dalam diagram dengan cara:
-          klik kanan pada diagram  
-          select data
-          pada daftar sheet dibawah pilihnya sesuai dengan bulan yang akan diubah
-          blok data yang diinginkan
-          kilik ok.

12. Edit tampilan laporan sesuai dengan keinginan anda 

13. Agar perkerjaan anda aman, buatlah protect pada kerja yang anda buat
langkahnya :
  • Klik review
  • pilih cange, lalu protect
  • masukkan pasword dan pilih jenis sheet yang akan di protect
  • klik ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar